DIGITALISASI
DALAM PARIWISATA
Pemanfaatan Digital Marketing Bidang Pariwisata
Di
era industri 4.0 Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan sarana yang
membantu dalam kehidupan dalam berbagai bidang termasuk dalam dunia pariwisata.
Peranan TIK dalam dunia pariwisata sebagai sarana dan prasarana dalam
mempromosikan pariwisata yang sering kita dengar secara elektronik dengan nama
digital marketing. Revolusi industri 4.0 ini akan memberikan efek meperdekat
jarak antara produsen dan taget marketnya yang menjadi penggerak terbesar dari
transformasi digital adalah teknologi informasi. Namun bagaimanapun manusia
adalah komponen terpenting "Man Behind The Gun" jadi pengembangan
sumber daya manusia sangat penting. Industri 4.0 di bidang pariwisata
menekankan pada Tourism and The Digital Transformation atau Pariwisata dan
Transformasi Digital.
Pariwisata
merupakan salah satu sektor pembangunan yang saat ini sedang digalakkan oleh
pemerintah. Salah satu bentuk digitalisasi dalam dunia pariwisata adalah
digital marketing. Digital Marketing Pariwisata adalah usaha mempromosikan dan
memasarkan sebuah daerah/daya tarik wisata dengan menggunakan media digital.
Adapun aktivitas digital marketing meliputi : website, social media, online advertising, email direct marketing,
forum discussion, mobile applications.
3
jargon penting upaya Go Digital oleh Kementerian Pariwisata Indonesia
(Pariwisata, 2018) yaitu:
1. The More digital, the more personal
adalah semangkin digital kita mempromosikan pariwisata secara personal kita
dapat mengetahui demografi, psikogafi dan perilaku konsumen secara efektif dan
terukur.
2. The More digital, the more
professional adalah semakin digital kita semakin
professional mempromosikan pariwista seperti mengintegrasikan paid, owned dan
social media menggunakan bigdata.
3. The More digital, the more global
adalah semakin digital kita maka kita mengjakau konsumen berbagai Negara.
Peranan digital marketing sangat
berpangaruh untuk mendatangkan pariwisata adapun digital marketing di era
industry 4.0 yang bisa di terapakan adalah menerapakan E-tourism (IT enabled tourism / electronic tourism). E-tourism adalah sebuah cara promosi
yang modern dan informasi terkini mengenai pariwisata yang dicari oleh
wisatawan, seperti obyek wisata, hotel, agen perjalanan, dan event-event yang
dapat diakses 24 jam kapanpun, dimanapun dan siapapun. Ada tiga unsur yang
menjadi prasyarat dari e-tourism yaitu ICT (Information
and Communication Technologies), Tourism
dan Business, serta dukungan dari
pemerintah.
E-tourism yang bisa di aplikasikan di
digital marketing ada 5 (enam), diantaranya :
1. Website
atau web adalah halaman informasi yang disediakan melalui internet sehingga
bisa diakses diseluruh dunia selama terkoneksi internet, website ada yang
dinamis statis. Website e-tourism adalah website seperti yang berisi informasi
konten, gambar atau video seperti tempat wisata, hotel, tours dan lain-lain.
Ataupun ada website focus pada salah satu bidang usaha seperti hotel, travel,
rencart atau yang lainnya.
2. Social
Media Social media adalah media online yang para penggunanya bisa berbagi,
berpartisipasi dan menciptakan isi konten text, gambar, vidoe maupun buat
streaming online. Perkembang sosial media sebagai media digital di dunia bisnis
sebagai media promosi, follower dengan meng upload gambar-gambar atau konten
yang akan di promosikan secara webbase maupun mobile. Dengan adanya media
sosial untuk mempromosikan pariwisata lebih cepat dan realtime dan bisa di
lihat oleh pengguna sosial media.
3. Online
advertising adalah iklan yang dibuat secara online atau website untuk menarik
pelanggan. Dengan adanya media iklan online jadi kita lebih cepat memasarkan
pariwisata dengan menaruh iklan di website-webiste yang menyediakan tempat
pasang iklan online.
4. Forum
discussion adalah kumpulan forum secara online yang memuat data, gambar,
animasi, suara, video atau gambungan dari semuanya yang terhubung dalam sebuah
jaringan. Web forum memiliki topik atau trade untuk dibahas yang dibuat dengan
langkah update info dalam web tersebut oleh pembuat web forum tersebut. Topik
tersebut ditanggapi atau direspon oleh anggota forum yang ada diwebsite.
5. Mobile
applications adalah aplikasi mobile yang didesain khusus untuk perangkat
smartphone dan tablet. Platform aplikasi mobile ada 4 yaitu android, ios,
windows 8 dan windows phone. Aplikasi yang dikembangkan yang berbasis mobile
adalah seperti pemesan tiket pesawat atau hotel yang mana bisa dilakukan lewat
telepon pintar. Aplikasi mobile mendukung Industri 4.0 yang mana sudah
terintergrasi satu sama lainnya sepeti pemesan hotel bisa dilakukan secara
mobile tanpa perantara staf hotel dari proses cekin sampai proses cek out.
Satu sisi akan memanjakan pelanggan atau wisatawan untuk mencari tempat-tempat yang diinginkan tanpa perlu lagi ke travel agent. Dan sisi bisnis akan mengurangi biaya operasional, lebih cepat dan lebih professional serta informasi yang disampai bisa langsung seluruh dunia mengetahuinya.
Nice๐๐
BalasHapus