Senin, 26 April 2021

DIGITALISASI DALAM PARIWISATA

 

DIGITALISASI DALAM PARIWISATA

Pemanfaatan Digital Marketing Bidang Pariwisata

Di era industri 4.0 Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan sarana yang membantu dalam kehidupan dalam berbagai bidang termasuk dalam dunia pariwisata. Peranan TIK dalam dunia pariwisata sebagai sarana dan prasarana dalam mempromosikan pariwisata yang sering kita dengar secara elektronik dengan nama digital marketing. Revolusi industri 4.0 ini akan memberikan efek meperdekat jarak antara produsen dan taget marketnya yang menjadi penggerak terbesar dari transformasi digital adalah teknologi informasi. Namun bagaimanapun manusia adalah komponen terpenting "Man Behind The Gun" jadi pengembangan sumber daya manusia sangat penting. Industri 4.0 di bidang pariwisata menekankan pada Tourism and The Digital Transformation atau Pariwisata dan Transformasi Digital.

Pariwisata merupakan salah satu sektor pembangunan yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah. Salah satu bentuk digitalisasi dalam dunia pariwisata adalah digital marketing. Digital Marketing Pariwisata adalah usaha mempromosikan dan memasarkan sebuah daerah/daya tarik wisata dengan menggunakan media digital. Adapun aktivitas digital marketing meliputi : website, social media, online advertising, email direct marketing, forum discussion, mobile applications.

3 jargon penting upaya Go Digital oleh Kementerian Pariwisata Indonesia (Pariwisata, 2018) yaitu:

1.      The More digital, the more personal adalah semangkin digital kita mempromosikan pariwisata secara personal kita dapat mengetahui demografi, psikogafi dan perilaku konsumen secara efektif dan terukur.

2.      The More digital, the more professional adalah semakin digital kita semakin professional mempromosikan pariwista seperti mengintegrasikan paid, owned dan social media menggunakan bigdata.

3.      The More digital, the more global adalah semakin digital kita maka kita mengjakau konsumen berbagai Negara.

Peranan digital marketing sangat berpangaruh untuk mendatangkan pariwisata adapun digital marketing di era industry 4.0 yang bisa di terapakan adalah menerapakan E-tourism (IT enabled tourism / electronic tourism). E-tourism adalah sebuah cara promosi yang modern dan informasi terkini mengenai pariwisata yang dicari oleh wisatawan, seperti obyek wisata, hotel, agen perjalanan, dan event-event yang dapat diakses 24 jam kapanpun, dimanapun dan siapapun. Ada tiga unsur yang menjadi prasyarat dari e-tourism yaitu ICT (Information and Communication Technologies), Tourism dan Business, serta dukungan dari pemerintah.

E-tourism yang bisa di aplikasikan di digital marketing ada 5 (enam), diantaranya :

1.      Website atau web adalah halaman informasi yang disediakan melalui internet sehingga bisa diakses diseluruh dunia selama terkoneksi internet, website ada yang dinamis statis. Website e-tourism adalah website seperti yang berisi informasi konten, gambar atau video seperti tempat wisata, hotel, tours dan lain-lain. Ataupun ada website focus pada salah satu bidang usaha seperti hotel, travel, rencart atau yang lainnya.

2.      Social Media Social media adalah media online yang para penggunanya bisa berbagi, berpartisipasi dan menciptakan isi konten text, gambar, vidoe maupun buat streaming online. Perkembang sosial media sebagai media digital di dunia bisnis sebagai media promosi, follower dengan meng upload gambar-gambar atau konten yang akan di promosikan secara webbase maupun mobile. Dengan adanya media sosial untuk mempromosikan pariwisata lebih cepat dan realtime dan bisa di lihat oleh pengguna sosial media.

3.      Online advertising adalah iklan yang dibuat secara online atau website untuk menarik pelanggan. Dengan adanya media iklan online jadi kita lebih cepat memasarkan pariwisata dengan menaruh iklan di website-webiste yang menyediakan tempat pasang iklan online.

4.      Forum discussion adalah kumpulan forum secara online yang memuat data, gambar, animasi, suara, video atau gambungan dari semuanya yang terhubung dalam sebuah jaringan. Web forum memiliki topik atau trade untuk dibahas yang dibuat dengan langkah update info dalam web tersebut oleh pembuat web forum tersebut. Topik tersebut ditanggapi atau direspon oleh anggota forum yang ada diwebsite.

5.      Mobile applications adalah aplikasi mobile yang didesain khusus untuk perangkat smartphone dan tablet. Platform aplikasi mobile ada 4 yaitu android, ios, windows 8 dan windows phone. Aplikasi yang dikembangkan yang berbasis mobile adalah seperti pemesan tiket pesawat atau hotel yang mana bisa dilakukan lewat telepon pintar. Aplikasi mobile mendukung Industri 4.0 yang mana sudah terintergrasi satu sama lainnya sepeti pemesan hotel bisa dilakukan secara mobile tanpa perantara staf hotel dari proses cekin sampai proses cek out.

Satu sisi akan memanjakan pelanggan atau wisatawan untuk mencari tempat-tempat yang diinginkan tanpa perlu lagi ke travel agent. Dan sisi bisnis akan mengurangi biaya operasional, lebih cepat dan lebih professional serta informasi yang disampai bisa langsung seluruh dunia mengetahuinya.


 

1 komentar:

Contact

Talk to us

Silahkan menghubungi kami

Address:

Tourism Faculty of Udayana University, Jimbaran-Bali

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

082235710261

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Pantai Cemongkak

Pantai Cemongkak, Jimbaran-Bali